3 Jenis Laporan Keuangan yang Perlu dimiliki UMKM dan Cara Mengelolanya
- Info Intelion
- Aug 24, 2022
- 2 min read
Keuangan tidak pernah terlepas dari topik pembahasan setiap pemilik usaha. Mulai dari usaha kecil dan menengah hingga korporasi mengutamakan kondisi keuangan dalam menjaga kelangsungan bisnis.
Kondisi keuangan merupakan salah satu cermin yang menunjukkan usaha Anda berjalan dengan baik atau sebaliknya. Selain itu, kondisi keuanganpun dapat menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan strategi yang tepat untuk kelangsungan bisnis.
Kondisi keuangan perlu dipantau secara periodik, biasanya setiap akhir bulan dan akhir tahun dengan cara menganalisa laporan keuangan. Laporan keuangan berisi informasi yang menjelaskan kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan selama periode tertentu.
Laporan keuangan terbagi menjadi 5 (lima). Tiga diantaranya wajib dimiliki oleh setiap usaha dan 2 (dua) lainnya hanya untuk perusahaan publik. Berikut adalah 3 jenis laporan keuangan yang penting dimiliki oleh pemilik UMKM;
Laporan Neraca; berfungsi untuk memperlihatkan bahwa nilai aset memiliki nilai yang sama dengan liability atau hutang dan modal.
Aset= hutang + modal
Melalui informasi yang terdata dalam laporan neraca, pemilik usaha dapat menganalisa kondisi perusahaannya sehat atau tidak.
Laporan Laba Rugi; sesuai namanya laporan ini menunjukkan kondisi usaha Anda sedang untung atau merugi. Anda juga dapat menganalisa sumber atau alokasi biaya yang paling mempengaruhi keuntungan atau kerugian. Selain itu, laporan laba rugi memiliki informasi beban pajak yang penting untuk diketahui dalam mengurus perpajakan.
Laporan Arus Kas; berisi catatan dari seluruh transaksi keluar masuknya uang dalam satu periode selama bisnis berjalan. Sumber pencatatan arus kas memiliki berbagai sumber. Mulai dari kegiatan operasional, investasi yang dilakukan perusahaan, hingga aktivitas pendanaan.
Setiap laporan keuangan memiliki fungsi yang dapat mempengaruhi keputusan pemilik usaha dalam menjalankan dan merangkai strategi bisnis. Untuk itu, diperlukan data yang tepat dan akurat untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang valid dan menggambarkan kondisi perusahaan yang sebenarnya.
Konsistensi dalam pencatatan data dan kemampuan mengolah data tersebut menjadi kunci untuk menghasilkan laporan keuangan yang valid. Jika Anda mengalami kendala dalam hal tersebut, lebih baik Anda mencari bantuan profesional untuk membantu menciptakan laporan keuangan yang valid dan akurat.
Suxes memberikan layanan pengelolaan finansial yang membantu Anda mulai dari teknik pencatatan keuangan hingga pembuatan dan analisa laporan keuangan. Berdasarkan data dan analisa tersebut, kami akan menawarkan solusi bisnis untuk membantu Anda mengambil langkah dan strategi yang tepat dalam menjalankan keberlangsungan perkembangan usaha Anda.
Comentarios